Suara Walet

suara

Suara walet merupakan salah satu senjata andalan yang digunakan oleh para pembudidaya walet saat memancing burung unik ini agar masuk ke sarang walet yang telah disediakan. Suara walet dengan kualitas bagus tentu saja akan lebih memudahkan proses memancing walet dilakukan. Akan berbalik jika jenis suara yang digunakan tidak bagus, maka walet akan ogah bersarang atau menginap di rumah walet yang sebelumnya telah Anda buat. Seperti di ketahui, saat in bisnis sarang walet semakin menjamur di Indonesia. Berbagai pembudidaya bahkan rela mengeluarkan uang hingga puluhan juta rupiah hanya untuk memperoleh suara walet berkualitas. Apakah Anda salah satu pembudidaya yang sedang membutuhkan informasi seputar suara walet?

suara walet

Dalam mengembangkan budidaya walet, memang ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Tidak hanya tata ruang, kelembaban dan suhu, bahkan jenis suara walet yang digunakan agar burung ini mau masuk ke sarang juga sangat mempengaruhi proses budidaya. Dari berbagai pengalaman para pembudidaya walet yang telah berhasil, akhirnya ditemukan beberapa teknik dasar mengenai suara panggil walet yang bagus. Ilmu ini telah lama diterapkan oleh para petani walet sebagai salah satu cara membuat sarang walet di rumah dengan suara panggil yang tepat. Untuk Anda yang penasaran, berikut ini kami paparkan cara mengetahui suara panggil walet yang bagus. Yuk, simak dan semoga informasi yang kami rangkum bermanfaat ya!

Pilih Suara Panggil Walet yang Berkulitas, Bukan Sekedar Jernih

Hal pertama yang harus Anda ketahui seputar suara walet ialah jangan hanya fokus pada kejernihan suara panggilnya saja. Pilihlah suara panggil yang berkualitas, maka dengan mudah burung walet akan datang menghampiri sumber suara yang telah Anda tempatkan pada lokasi tertentu. Lalu, bagaimana cara mengetahui kualitas suara panggil walet? Ada beberapa hal kecil yang harus Anda perhatikan, setidaknya terdapat 2 cara burung walet akan datang menghampiri sumber suara. Pertama, jika burung walet dominan menyambar-nyambar maka artinya suara panggil yang Anda gunakan kemungkinan besar mengganggu mereka. Layaknya Anda memutar suara cek lokasi, burung walet akan datang menghampiri dan berputar-putar di sekitar rumah walet yang menandakan jika terdapat hal yang tidak disukainya.

Cara kedua ialah apabila suara panggil walet diputar dan burung walet lebih banyak masuk ke rumah walet ketimbang berputar-putar di sekitar, maka artinya suara yang Anda putar atau Anda gunakan untuk memanggil burung unik dengan banyak keunggulan ini sudah dikategorikan bagus. Untuk kejernihan, Anda bisa memilih beberapa suara panggil walet berdasarkan riset kecil yang telah Anda lakukan atau Anda uji coba sebelumnya.

Lakukan Test Suara Walet pada Waktu yang Tepat

Tidak sembarang dilakukan, melakukan test suara panggil burung walet harus pada waktu yang tepat. Berdasarkan pengalaman para pembudidaya burung walet berpengalaman, diketahui jika waktu terbaik untuk melakukan test suara panggil walet ialah saat pagi hari. Pada pagi hari, burung walet biasanya akan keluar dari sarangnya dan mencari makan di luar. Perkiraan waktu yang walet terapkan ialah sekitar jam 06.00 pagi sehingga Anda perlu bersiap siaga untuk secepat mungkin memerangkapnya dengan suara walet berkualitas.

Apabila suara panggil yang Anda putar sudah bagus, maka burung walet akan segera berbalik arah dan mendatangi sumber suara yang Anda pasang. Namun Anda tidak perlu heran jika melihat burung walet yang sudah mendatangi sumber suara, lalu masuk ke sarang dan malah keluar lagi, karena memang sudah menjadi karakter burung walet di mana sebelum menginap atau bersarang pada sebuah tempat, burung unik ini terlebih dahulu akan melakukan riset sarang. Burung walet akan mencari tahu apakah tempat yang dimasukinya telah aman untuk dihuni atau malah tidak. Maka dari itu, alternatif tepat untuk Anda yang ingin memanggil walet ialah membuat ruang putar di area suara panggil senyaman mungkin.

Anda bisa memastikan kenyamanan area putar di sekitar lokasi sumber suara panggil dengan mengatur suhu dan kelembaban ruangan. Selain itu, gunakan ruangan yang cukup luas sehingga burung walet lebih senang. Pastikan pula Anda telah menggunakan suara inap atau daya tarik yang bisa memikat burung walet untuk betah bersarang. Tidak hanya membuat sendiri, kini semakin mudah mengetahui ukuran luas ruang putar walet yang tepat karena Anda bisa langsung memesan sarang walet dari layanan pembuat rumah walet terpercaya dengan tarif biaya pembuatan rumah walet yang cukup terjangkau.

Suara Walet Harus Kompatibel

Poin penting selanjutnya yang harus Anda ketahui seputar suara walet ialah membuat suara panggil yang kompatibel. Suara panggil walet harus mempunyai karakter yang sama dengan suara tarik burung walet. Apabila ada ketidaksamaan antara suara panggil dan suara inap atau keduanya tidak seirama, maka proses perkembangan walet akan lebih lambat. Nah, untuk Anda yang belum tahu, saat ini ada beberapa jenis suara walet yang sering digunakan untuk bagian luar atau suara panggil dan bagian dalam atau suara inap. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Jenis suara panggil

Suara panggil merupakan suara yang diputar untuk memancing burung walet agar mau masuk ke dalam gedung atau sarang walet. Biasanya jenis suara panggil  memiliki karakter lebih berkicau dibandingkan suara inap. Ada beberapa jenis suara panggil walet yang banyak digunakan oleh para pembudidaya walet, seperti suara panggil birahi, suara panggil kawin, suara panggil induk, suara panggil agresif, suara panggil walet anak dan masih banyak lainnya. Semuanya bisa Anda dapatkan dengan mudah, cukup dengan berselancar di internet.

2. Jenis suara inap

Jauh berbeda dengan suara panggil burung walet, suara inap tidak memiliki karakter berkicau tinggi. Melainkan hanya suara kicau yang pelan dan hampir mirip seperti dengusan panjang. Jenis rumah yang disukai walet untuk menginap ialah rumah yang memiliki suara inap dengan kicauan kecil dan menenangkan. Suara inap telah banyak beredar di internet dengan jenis suara yang cukup beragam. Semua jenis suara ini dibuat dengan nama yang berbeda namun tetap dengan satu tujuan yang sama, yaitu membuat burung walet betah bersarang atau menginap di dalam gedung atau sarang walet yang telah dibuat sebelumnya.

Perlu Anda ketahui, mencari suara walet yang berkualitas dan mampu memerangkap walet menginap pada gedung walet yang telah Anda buat bukanlah hal yang mudah dilakukan. Diperlukan waktu yang cukup panjang untuk bisa memastikan sebuah suara walet yang Anda gunakan berkualitas dan efektif memanggil walet atau malah sebaliknya. Untuk itu, sebagian besar pembudidaya walet lebih memilih untuk membeli suara walet berkualitas dari produsen suara walet profesional. Menariknya lagi, para pembudidaya walet juga sangat berani mengeluarkan uang hingga puluhan juta rupiah agar bisa mendapatkan rekaman suara walet terbaik.