Berapa Lama Panen Sarang Walet Yang Baik

Mengetahui berapa lama panen sarang walet haruslah diketahui oleh orang yang melakukan budidaya walet. Ada berbagai waktu untuk melakukan panen sarang walet pada umumnya. Namun, tentu dari berbagai waktu panen tersebut memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Secara umum, penentuan berapa lama panen sarang walet biasanya dibagi dalam 3 cara. Cara pertama adalah dengan melakukan panen sebanyak 4 kali dalam setahun, cara kedua dengan melakukan panen sebanyak 3 kali dalam setahun, dan cara ketiga melakukan panen sebanyak 2 kali dalam setahun.

Cara pertama memiliki beberapa kelebihan yang bisa dinikmati, diantaranya :

  1. Kegiatan panen lebih cepat karena dilakukan lebih sering dalam kurun waktu satu tahun
  2. Kualitas dari sarang walet yang didapatkan sangat bagus karena kondisinya yang masih baru dibuat
  3. Total produksi sarang burung tentu lebih banyak jika dihitung secara keseluruhan dalam waktu per tahun

Meskipun begitu, kelemahan dari cara ini adalah tidak adanya usaha untuk melakukan pelestarian pada burung walet, karena sarang yang baru dibuat langsung segera dipanen. Adapun jika sudah terdapat telur, maka telur akan dibuang. Dengan begitu, kelangsungan kehidupan burung walet akan sedikit terganggu dan dapat memicu mereka untuk berpindah tempat.

Cara kedua memiliki kelebihan berupa :

  1. Pembudidayaan burung walet yang berhasil karena telur yang menetas 
  2. Jumlah pada tahun berikutnya akan lebih bertambah dari sebelumnya karena jumlah populasi dari penetasan telur pada tahun sebelumnya

Kelemahan dari cara kedua ini adalah biasanya sarang walet yang didapatkan mutu tidak terlalu bagus dari cara pertama. Kemudian para pembudidaya pun harus jeli dalam melihat musim yang sedang berlangsung. Sebab musim juga dapat mempengaruhi kondisi dan mutu dari sarang walet itu sendiri.

Cara ketiga dalam memanen sarang walet terdapat kelebihan :

  1. Saat panen sarang walet akan mendapatkan bentuk yang sangat utuh daripada cara pertama dan cara kedua. 
  2. Populasi dari burung walet yang dibudidayakan sangat banyak dan melimpah

Sedangkan kelemahannya adalah kondisi dari sarang walet itu sendiri sudah sangat tidak terlalu bagus. Karena kondisi yang seperti itu, tentu harga penjualan yang didapatkan akan jatuh dan tidak semahal seperti cara pertama dan cara kedua.

Jadi itulah beberapa cara menentukan berapa lama panen sarang walet yang bisa kamu pilih.

Baca juga: Download Suara Panggil Walet Kumpul Mp3 Sebagai Bahan Pengujian

Berapa lama panen sarang walet tercepat

Cara menentukan berapa lama panen sarang walet yang tercepat adalah dilakukan dengan cara sesering mungkin dalam kurun waktu satu tahun. Idealnya waktu menentukan berapa lama panen sarang walet yang tercepat dilakukan sebanyak 4 kali panen dalam setahun. Namun, ini merupakan opsi panen tercepat saja karena tidak ada waktu terbaik menentukan berapa lama panen sarang walet.

Berapa lama panen sarang walet terlama Pemilihan waktu berapa lama panen sarang walet sebenarnya tergantung sesuai selera dan kebutuhan dari para pembudidaya burung walet. Karena tidak ada yang begitu ideal dalam menentukan waktu berapa lama panen sarang walet. Jadi, pemilihan waktu dalam menentukan berapa lama panen sarang walet cukup disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan saja.