Cara Merawat Rumah Gedung Burung Walet

Apakah ketika melakukan pemeliharaan walet anda perlu melakukan perawatan? Jawabannya adalah ya, jika anda ingin hasil panen walet anda tinggi maka berikut ini adalah cara merawat rumah gedung sarang walet yang wajib anda ketahui.

Tips Cara Merawat Rumah/Gedung Burung Walet

Buka rumah walet dari jam 4 sore hingga jam 6 sore . hal pertama yang perlu anda ketahui mengenai perawatan walet adalah dengan membuka rumah dan pada jam 4 sore hingga jam 6 sore. Perawatan pertama ini dilakukan untuk mengizinkan walet masuk ke rumah yang sudah anda sediakan. Pada jam tersebut walet sedang aktif mencari makan. Dan jika pada jam tersebut rumah anda terbuka maka kemungkinan besar anda bisa mendapatkan banyak walet.

Selain membuka pintu rumah pada jam tersebut, pastikan anda juga menggunakan suara walet yang sudah respon. Suara ini digunakan untuk menarik perhatian walet sehingga ia tahu bahwa di dekatnya ada rumah yang bisa digunakan untuk menginap. Jadi setelah walet mencari makan ia bisa beristirahat di rumah walet anda.

Perhatikan keamanan 

Selanjutnya adalah mengenai keamanannya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan selanjutnya mengenai perawatan rumah gedung sarang walet adalah mengenai keamanannya, pastikan dan memperhatikan keamanan rumah walet dari manusia dan dari predator walet ini. walet adalah binatang yang sensitif, oleh karena itu pastikan ia tinggal di tempat yang bebas dari manusia. selain itu, Harga walet yang mahal bisa menjadi salah satu alasan orang untuk masuk ke rumah walet anda. hal inilah yang menjadikan masalah keamanan menjadi salah satu hal yang diperhatikan dalam cara merawat sarang walet.

Membersihkan rumah walet 

Selanjutnya cara untuk merawat rumah walet anda adalah dengan membersihkan rumah walet. Sebaiknya lakukan pembersihan kotoran walet secara teratur. Akan tetapi setelah dibersihkan kotoran jangan dibuang. Kotoran di bersihkan dan di kumpulkan di  karung lalu letakkan di dalam rumah. hal ini digunakan untuk menjaga aroma sehingga terkesan natural bagi walet.

Baca Juga: Harga Sarang Walet Bersih Mahal Karena Manfaat dan Khasiatnya

Pakan walet 

tips ini yang perlu diperhatikan sebagai cara untuk merawat rumah walet anda adalah menyediakan pakan untuk burung walet anda. Walet sesungguhnya tidak perlu diberi pakan, akan tetapi terkadang ada masa di mana akan sulit bagi walet untuk mendapatkan makan. Jika tidak mendapatkan nutrisi yang  baik maka liur yang diproduksinya akan kurang banyak. selain itu untuk meningkatkan jumlah walet yang datang ke rumah anda pemberian pakan juga perlu dilakukan. Pakannya adalah serangga bisa disediakan di rumah walet dan biarkan walet mengambil pakannya sendiri. Pakan tersebut dapat berupa serangga kecil dan ulat yang memiliki kandungan protein yang banyak. demikianlah cara merawat sarang walet yang terakhir semoga dapat membantu bisnis ternak walet anda.