Rumah Yang Disukai Walet Sehingga Dapat Dicontoh

suara

Sebagai peternak yang baik maka wajib untuk Anda mengetahui rumah yang disukai walet, jadi dengan mengetahuinya maka Anda bisa menyediakan rumah tersebut. Pastinya semakin mampu menyediakan rumah yang menarik perhatian burung walet untuk menetap maka akan semakin banyak pula burung walet yang berdatangan. Jadi Anda bisa memanfaatkan burung tersebut untuk kepentingan bisnis Anda nantinya, karena itu wajib untuk Anda mengetahui seluk beluk mengenai hal ini. Sebab masih banyak peternak yang belum mengetahui  cara membuat rumah walet yang baik dan benar, padahal pembuatan rumah sendiri memberikan pengaruh yang sangat besar. Jadi jangan sampai menganggap remeh dan memandang sebelah mata mengenai proses pembangunan tempat yang akan dijadikan sebagai sarang walet

1. Rumah yang bubung atapnya tinggi

rumah yang diskukai walet

Salah satu faktor datangnya walet ke rumah buatan Anda tidak hanya suara walet saja, namun bisa jadi dikarenakan bubungan atap rumah yang Anda buat tersebut tinggi. Karena burung walet sangat menyukai rumah dengan model seperti ini, karena bubungan atap  memberikan pengaruh terhadap suhu dan kelembaban pada rumah tersebut. Semaking tinggi bubungan atap maka akan semakin disukai oleh burung ini, apalagi dengan kondisi seperti ini juga akan membuat jarak plafon dengan jarak bubungan akan menjadi lebar. Hal ini pastinya akan membuat volume udara pada ruangan tersebut akan menjadi luas sehingga plafon tidak akan menimbulkan suhu panas.

2. Rumah dengan atap dari genting

rumah yang diskukai walet

Burung walet juga lebih menyukai rumah yang atapnya menggunakan genting dibandingkan seng. Hal ini dikarenakan jika menggunakan genting maka akan sangat mudah dalam mengatur suhu untuk rumah tersebut, karena jika di siang hari maka genting tidak akan membuat bagian dalam rumah menjadi panas. Jadi ketika siang burung walet yang ada di dalam akan menjadi nyaman sehingga betah, apabila malam maka suhunya juga tidak akan terlalu dingin. Namun jika menggunakan seng maka pada saat siang akan terasa panas sekali di dalam rumah tersebut, begitu juga ketika malam dimana suhunya akan sulit dikendalikan karena akan sangat mudah terasa dingin. Oleh sebab itu sangat direkomendasikan sekali kepada Anda untuk menggunakan genting yang terbuat dari tanah liat.  

3.Menggunakan sirip kayu

rumah yang disukai walet

Pastinya sangat wajib menyediakan sirip yang terbuat dari kayu dalam rumah tersebut, sebab sirip dari kayu dapat mempermudah sarang walet untuk melekat. Serta jangan lupa untuk memastikan bahwa kayu yang digunakan benar-benar kering, dimana walet menyukai tempat kering dan kasar untuk bersarang. Oleh sebab itu ada baiknya sebelum digunakan sebagai sirip maka kayu tersebut dikeringkan terlebih dahulu, sehingga Anda bisa menciptakan rumah yang disukai walet jika memperhatikan hal ini.