Bentuk Dalam Rumah Walet Yang Ideal di Sukai Walet

suara

Agar Anda semakin tau bagaimana cara membuat rumah walet maka Anda wajib mengetahui bagaimana bentuk dalam rumah walet. Sebab hal ini harus sangat diperhatikan oleh peternak nanti, karena Anda merupakan orang baru maka harus tau dan memperhatikan dengan sangat rinci agar bisa membuat rumah walet yang baik dan benar. Jadi nantinya akan ada banyak burung walet yang datang, pastinya semakin banyak burung walet yang datang makan akan semakin baik. Karena semakin banyak pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Oleh sebab itu seperti inilah bentuk dalam pada rumah burung ini. Tentunya bentuk dalam rumahnya bisa menjadi inspirasi Anda dalam membuat rumah burung walet. 

1. Rumah dengan bagian dalamnya yang luas

bentuk dalam rumah walet

Apabila Anda ingin membuat rumah walet maka ada baiknya untuk mencari lahan yang luas, sehingga bisa membuat rumah yang luas pula. Karena burung walet sendiri sangat menyukai rumah yang bagian dalamnya luas, jadi di dalam kandangnya Anda tidak perlu meletakkan barang yang tidak perlu sehingga keluasan dari ruangan tersebut menjadi terbatas. Tentunya ada alasan mengapa rumah walet sangat bagus jika bagian dalamnya luas, karena hal ini dapat mempermudah walet ketika terbang. Mengingat burung ini sangat sekali terbang kesana kemari, selain itu luasnya rumah juga mempermudah walet jantan dan walet betina untuk kawin. 

2. Membuat papan sirip

bentuk dalam rumah walet

Tentunya jangan lupa untuk memasang papan sirip atau biasa disebut sekat dalam rumah walet, karena burung walet sangat menyukai rumah yang memiliki papan sirip. Sebab kegunaan dari papan sirip ini sangat besar sekali, karena akan dijadikan sarang untuk burung walet nanti. Hal ini tentunya akan mempermudah burung walet yang sudah kawin dan ingin bertelur, jadi jika burung bertelur di rumah tersebut maka akan semakin memberikan keuntungan yang banyak kepada Anda. Untuk pemasangan sirip juga harus diperhatikan dengan baik, dimana Anda tidak boleh memasangnya dengan rapat namun harus diberikan jarang. Jarak antara sirip satu dengan sirip lainnya adalah 30 hingga 50 cm, ada baiknya jika Anda menggunakan kayu untuk membuat sirip sehingga akan meninggalkan kesan alami untuk burung walet nanti. Serta jangan lupa memberikan suara walet untuk memancing datangnya walet.

3. Jangan memasang sirip terlalu banyak

bentuk dalam rumah walet

Banyak orang beranggapan bahwa pemasangan sirip pada kandang walet dalam jumlah yang banyak akan bagus, karena akan semakin mempermudah mereka dalam membangun sarang dimana saja. Padahal jika memasang sirip terlalu banyak hanya akan membuat rumah walet tersebut menjadi panas, sehingga akan menimbulkan ketidak nyamanan pada burung.. Jadi nantinya dengan memperhatikan hal ini maka membantu Anda membangun bentuk dalam rumah walet