Daftar Harga Sarang Walet, Mengapa sangat Mahal?

suara

Jika Anda ingin mengetahui harga sarang burung walet dan mengetik di mesin pencari dengan kata kunci daftar harga sarang walet. Harga sarang walet itu sendiri memiliki variasi yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Aemakin bersih atau sempurna sarang walet maka akan semakin mahal harganya. Jadi jika Anda memiliki usaha walet sebaiknya perhatikan kualitas sarang tersebut. Perlu diketahui juga, ada perbedaan kualitas setiap daerah seperti sarang walet dari Jawa berbeda dengan yang ada di Kalimantan dalam segi kualitas.

Daftar Harga Sarang Walet

Dengan demikian maka akan muncul berbagai versi atau dengan kata lain harganya bervariasi. Seperti misalnya, di salah satu pasar online, per 17 gram ditaksir Rp, 350 ribu atau 1 gramnya berada di kisaran 20 ribu lebih. Namun, sarang walet dijual dengan satuan kilogram, dengan harga yang dapat mencapai 15 hingga 20 jutaan perkilonya. Sebenarnya bukan tanpa alasan, harga sarang burung yang dikenal fantastis tak lepas dari berbagai alasan. Yaitu mulai dari ketersedian yang sangat terbatas dengan permintaan yang tinggi, alasan kesehatan atau manfaat, hingga rendahnya jumlah sarang walet dalam sekali panen.

Sarang burung walet sendiri terbuat dari air liurnya secara alami, tanpa campuran benda-benda atau bahan-bahan lainnya. Nah, melihat fenomena berkembangnya orang-orang yang memilih budidaya walet sebagai bisnis utama bukan tanpa alasan ekonomis, dengan modal yang lumayan besar, tetap saja banyak pengusaha beralih atau menambah usahanya dengan beternak walet. Alasan sarang walet memiliki harga sarang walet yang sangat tinggi.

daftar harga sarang walet

Sangat Baik Buat Kecantikan dan Kesehatan

Selain khasiat atau kandungan gizinya yang baik, sarang walet juga mempunyai manfaat lain bagi kecantikan maupun kesehatan. Untuk kesehatan sendiri, sarang walet berkhasiat mengembalikan stamina, khususnya pada tubuh wanita terlebih setelah melahirkan. Bagi ibu hamil, dengan konsumsi sarang walet dapat menjadi stimulus calon bayi memiliki kulit yang halus, bersih, dan sehat. Selain itu, bagi perokok aktif ataupun pasif, sarang walet dapat membersihkan paru-paru. Sarang walet mengandung zat bernama glyco protein, yang juga bermanfaat bagi tubuh, daya tahan, hingga regenerasi sel.

Kandungan Gizi yang Tinggi

Untuk daftar harga sarang walet dapat menjadi begitu mahal. Hal ini karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Dalam sarang walet, terkandung antioksidan, protein, kolagen, serta kalsium yang tinggi. Di beberapa negara misalnya, seperti Hong Kong dan Cina sering mengolah sarang walet menjadi sup sarang walet dengan cita rasa manis ataupun gurih. Secara khusus kandungan gizi dalam sarang walet;

Lemak: 2 gram

Kalori: 345

Protein: 50 gram

Karbohidrat: 31 gram

Hasil Panen yang tak Banyak

Pada saat panen sarang walet, waktu yang paling cepat adalah satu bulan. Sedangkan yang lama adalah tiga bulan. Untuk hasil panennya pun sangat berbeda dengan panen-panen komoditi lain seperti beras yang dapat menyentuh hingga berton-ton. Rata-rata tiap panen yaitu 10 kilogram, bisa hingga 30 kilogram, itu jika kalau sedang bagus dan beruntung. Untuk yang paling banyak dicari, kualitas sarang walet adalah hal yang wajib, diukur berdasarkan warna yang putih bersih, ukuran atau bentuk yang tebal, besar, serta berbentuk mangkuk rendah. Jika seperti itu, maka harga beli bisa menjadi 15-20 juta perkilonya. Biasanya permintaan untuk setiap panen itu tidak memenuhi besaran jumlah permintaan, maka dari itu daftar harga sarang walet menjadi mahal.