Rumah Walet Yang Berhasil | Tips Membuat Rumah Walet

suara

Banyak masyarakat kini tertarik untuk melakukan budidaya walet lalu mencoba membuat rumah walet yang berhasil. Karena hasil yang akan didapatkan nanti cukup menjanjikan dengan keuntungan yang sangat berlipat.

Meskipun sederhana banyak pembudidaya walet memiliki rumah walet kecil berhasil. Ini dikarenakan hasilnya yang berupa sarang walet memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Burung walet memang memang memiliki tempat habitat di tempat-tempat lembab seperti di pesisir pantai, di gua, atau pada bangunan kosong. 

Pembuatan rumah walet yang berhasil tentu akan mempengaruhi hasil panen yang sangat berkualitas tentunya. Sarang walet yang berasal dari air liur burung walet yang mengeras memiliki begitu banyak manfaat.

Karena kelebihan itu, maka sarang walet ini diperjualbelikan untuk kebutuhan konsumsi. Selain itu juga untuk pembuatan alat kecantikan, dan juga untuk pengobatan dalam bidang kesehatan.

rumah walet kecil berhasil

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar berhasil dalam pembuatan RBW nantinya, diantaranya adalah:

  1. Pembuatan bangunan tidak harus selalu luas. Bisa juga menerapkan konsep minimalis dengan ketentuan bangunan lebih harus tinggi daripada biasanya jika tidak berpatokan dengan luas.
  2. Pemasangan sekat pada di dalam bangunan usahakan menggunakan kayu saja. Selain karena ekonomis, kegiatan pembongkaran dan pemasangan tentu akan dilakukan secara lebih mudah.
  3. Pada bagian dinding bangunan, disarankan untuk menggunakan batu bata. Ini disebabkan karena batu bata bisa membuat suhu di dalam ruangan lebih sejuk dan juga lembab. Dengan demikian akan lebih menyerupai habitat tempat kesukaan para burung walet.
  4. Pada bagian atap bangunan, selalu gunakan genteng. Penggunaan selain genteng seperti asbes atau seng tentu tidak cocok karena akan membuat suhu ruangan menjadi panas.
  5. Untuk membuat kesan yang lebih alami, pada bagian tengah bangunan bisa dibuat kolam. Ini juga nantinya akan membantu dalam membuat suhu dalam ruangan menjadi lebih lembab sehingga burung walet akan lebih betah untuk tinggal.

Jika memang berminat untuk mencoba masuk ke dalam bisnis sarang burung walet, ada baiknya untuk mengikuti tips membuat rumah walet yang berhasil.

Ciri bangunan RBW yang Baik

Jika kamu penasaran dengan ciri bangunan RBW yang berhasil, ada beberapa ciri yang bisa kamu ketahui secara langsung nantinya. Kamu bisa langsung melihat ke beberapa tempat habitat asli ataupun tempat yang sengaja dibuat untuk budidaya walet tersebut.

Kebanyakan rumah walet yang sudah berhasil dicirikan dengan keadaan bangunan yang lembab, sepi dan jauh dari gangguan hewan lain, dan juga ukurannya yang cukup luas untuk tempat tinggal para burung walet.

Karena memang habitat asli dari burung walet sendiri berada di kawasan ruangan yang lembab seperti gua-gua, pesisir pantai, bahkan bekas bangunan tinggi kosong yang tak terpakai lagi. Jika kamu ingin mencoba membuat RBW yang berhasil, coba terapkan konsep tersebut.

Syarat membuat rumah walet berhasil

Supaya pembangunan RBW yang berhasil, tentu ada beberapa syarat yang harus kamu ketahui sebelum membangunnya. Yang terpenting adalah kamu harus mengetahui habitat tempat tinggal asli dari burung walet, dengan begitu kamu akan bisa membangun RBW yang berhasil nantinya.

Jadi, itulah syarat inti supaya kamu bisa membuat bangunan rumah walet yang berhasil.