Mengenal Sup Sarang Walet serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

suara

Sup sarang walet, atau sup yang dibuat dari olahan sarang burung walet merupakan makanan tradisional cina yang lezat dan berkhasiat, yang telah ada dan dimakan selama lebih dari 1.000 tahun. Orang Cina menyebut sup sarang walet dengan yànw, yang berarti sarang burung walet. Jenis makan ini dijadikan sebagai makanan manis atau gurih, isi supnya sendiri persis dengan namanya,  yakni terdiri dari sarang burung yang telah diolah dengan cara steam atau dikukus, dijadikan soup dengan berbagai campuran bahan makanan. Diketahui bahwa harga sarang walet di pasaran dikenal sangat mahal, muncul pertanyaan berapa kira-kira harga sup sarang walet per porsinya. Artikel ini secara khusus akan mengupas fakta seputar makanan yang satu ini.

Berkembangnya budidaya walet di berbagai daerah di Indonesia tak cukup menjawab gap antara tingginya permintaan sarang walet di seluruh dunia, berbanding terbalik dengan produksinya yang rendah, sehingga tak heran kalau harganya yang selangit. Dengan sejuta khasiat dan manfaat dari sarang walet, mulai dari segi kesehatan, kosmetik, hingga makanan membuat sarang yang terbuat dari air liur walet tersebut selalu dicari oleh pengusaha-pengusaha kosmetik, kuliner, hingga pengobatan. Salah satunya yang cukup banyak dicari namun tak dijual bebas oleh rumah makan adalah sup sarang walet. Salah satu tempat yang menjual sup sarang walet adalah rumah makan Bird’s Nest Shop yang berada di komplek Bengkok Laut, Golden Prawn, Batam.

sup sarang walet

Jenis Sup Sarang Walet

Sarang putih, sarang hitam dan sarang darah merah paling sering digunakan dalam sup sarang walet. Sup sarang walet yang manis biasanya akan mencakup sarang, air, dan gula batu; sedangkan bahan-bahan dari sup sarang walet gurih terdiri dari kaldu ayam yang dicampur dengan potongan-potongan sarang, dada ayam, telur puyuh, jamur dan kadang-kadang ham. Sarang ini juga digunakan dalam kosmetik dan obat-obatan tradisional Tiongkok. 

Harga Sup Sarang Walet per Porsi

Sarang burung walet banyak diminati, Indonesia menjadi salah satu eksportir terbesar serta Hong Kong menjadi importir terbesar. Dalam harga sup sarang walet sangat bervariasi, tergantung dari jenis, kualitas, serta kuantitas sarang. Sarang walet hitam menjadi yang termurah, dikarenakan terlebih dahulu dibersihkan dari benda-benda asing seperti bekas kotoran, bulu, dan lain-lain. Sedangkan yang paling mahal adalah sarang walet tebal dan besar serta berwarna putih bersih. 

Dilansir dari berbagai sumber, para penikmat sup burung walet yang telah menikmatinya di rumah makan Bird’s Nest Shop tersebut mengatakan bahwa harga per porsinya mencapai Rp. 125.000. Kemudian jika ada pihak yang menginginkan sarang yang masih mentah atau kering, harganya yang ditawarkan mencapai Rp. 25 – 38 juta per kilo tergantung dari kualitas sarangnya. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa harga sup sarang walet dan yang mentah sangat mahal, karena sarang tersebut diambil dengan cara tradisional atau langsung dari gua-gua di berbagai kota di Sumatera. Sedangkan untuk sarang walet hasil budidaya, ditaksir perkilonya sekitar 10 – 18 juta.