Rahasia Sukses Budidaya Walet yang Paling Utama

suara

Dalam usaha budidaya walet tentu saja ada beberapa hal yang diperhatikan seperti kelembaban ruangan, suhu serta suara walet terutama suara panggil burung walet untuk menginap. Budidaya walet bisa dikatakan gampang-gampang susah. Meski sebagian orang menganggap jika budaya sarang burung walet memerlukan modal yang besar. Padahal hal itu tidak seperti yang anda bayangkan. Bagi anda yang ingin memulai usaha ini maka anda harus banyak belajar dari pengalaman mereka yang sudah sukses dalam hal tersebut. terutama pada tahap awal salah satunya suara burung walet.

Untuk mengetahui rahasia sukses budidaya walet, inilah beberapa tips nya:

1. Suara panggil burung walet

Biasanya untuk mengetahui apakah burung walet tertarik dengan suara yang anda perdengarkan, maka ada dua hal yang dapat menjadi perhatian anda. Jika saat suara walet diperdengarkan dan walet lebih memilih untuk masuk ke tempat yang telah anda persiapkan maka hal itu menandakan jika suara yang anda perdengarkan sudah termasuk kategori suara burung walet yang bagus. Jika anda melihat masih ada walet yang hanya menyambar sumber suara tersebut namun hal itu lumrah terjadi. Karena masih ada walet yang memilih masuk pada lubang masuk burung yang anda persiapkan.

Hal kedua adalah jika anda melihat lebih banyak walet yang hanya menyambar-nyambar sumber suara saja maka ini menandakan bahwa suara walet yang anda perdengarkan mengganggunya. Biasanya ia merasakan ada hal yang tidak ia sukai. Pelajarilah rahasia sukses budidaya walet agar suara yang anda pilih memang berkualitas.

rahasia sukses budidaya walet

2. Suara burung walet yang berkualitas

Rahasia sukses budidaya walet lainnya adalah anda harus dapat memilih suara tarik ataupun suara inap. yang benar-benar berkualitas sehingga beberapa petani walet rela membeli suara walet yang berkualitas dari penjual suara walet yang sudah terpercaya. Karakter suara yang sama antara suara panggil dengan suara inap menentukan nantinya apakah usaha walet anda akan berkembang cepat atau lamban.

3. Waktu melakukan test suara walet

Anda bisa saja mendapatkan suara burung walet dengan cara mudah di internet. Namun masalah tentu saja tidak hanya sampai disitu saja. Karena keberhasilan usaha walet bergantung pada kualitas suara yang anda miliki. Anda juga harus mengetahui jika waktu yang tepat dalam melakukan test akan suara walet adalah di waktu pagi saat burung-burung walet keluar mencari makan atau pada hari petang.

Rahasia sukses budidaya walet lainnya adalah harus dipastikan jika suara yang anda perdengarkan memang karakter suara yang bagus maka burung walet akan berbalik ke arah suara yang anda perdengarkan. Namun jika anda melihat ada beberapa walet yang kemudian keluar lagi dari lubang yang telah anda persiapkan maka hal tersebut wajar terjadi karena kebiasaan burung walet yang ingin memastikan kondisi lubang yang ia hampiri memang benar-benar aman untuk ia tempati. 

Pastikan ruang yang nyaman pada area lubang masuk burung tersebut seperti suhu dan kelembaban sehingga walet akan menetap. Demikian sedikit tips awal rahasia sukses budidaya walet dan semoga bermanfaat.