Harga Sarang Walet Sekarang, Berapakah harganya?

suara

Harga sarang walet sekarang – Nilai ekspor yang naik hingga 72 persen pernah terjadi di Bengkulu terhadap nilai jual sarang burung walet. Dimulai dari suara walet yang berkualitas, maka usaha walet tentunya akan berharap akan harga yang sesuai kualitasnya. Jika saat ini harga terendah sarang walet yang berkisar antara 14 juta hingga 16 juta per kilo nya. Namun harga yang maksimal bisa didapat petani sarang burung walet adalah hingga 40 juta per kilo nya dengan kualitas tertentu. Jika anda sudah serius menggeluti usaha sarang burung walet maka pastikan agar agar rumah walet anda sudah teregistrasi ke Barantan atau Badan Karantina Pertanian. Hal ini tentu saja agar hasil sarang burung walet yang anda dapatkan memiliki daya saing jual di pasaran. Yang tentu saja ini juga syarat yang diajukan oleh Negara tujuan ekspor seperti China dan Taiwan. 

Harga sarang walet sekarang memang bervariasi di beberapa daerah. Belum lagi terdapat beberapa kendala seperti transportasi yang belum memadai dengan lokasi tujuan maka petani walet memang masih memiliki kendala. Namun untuk hal ini anda dapat melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat melalui instansi yang terkait agar hal ini dapat teratasi dan mendapat support dari pemerintah akan usaha walet yang anda jalankan atau grup anda dapat berkembang baik.

Mari simak beberapa hal seputar harga sarang walet :

1. Jenis sarang walet

Untuk mengetahui harga sarang walet sekarang maka hal itu bergantung pada kisaran harga yang sedang berlaku di wilayah anda. Dan tentunya bentuk asli sarang burung walet seperti saat di panen, dan berwarna putih, dengan bentuk mangkok merupakan jenis sarang walet yang paling dicari karena hargaya tinggi untuk jenis sarang seperti itu. Warna sarang walet juga tidak melulu putih karena warna tersebut juga dipengaruhi oleh suhu, daerah asal, kebersihan udara juga tingkat populasi walet itu sendiri. Kebersihan sarang dan kualitas air di sarang burung walet juga menjadi faktor penentu akan kualitas sarang burung walet di rumah walet anda. 

2. Kualitas sarang walet

Untuk mempertahankan harga sarang walet sekarang maka perhatikanlah kualitas sarang burung walet yang dihasilkan sesuai warna dan bentuk aslinya. Sebagian orang melakukan perubahan sarang walet dengan pemutihan dan pencampuran bahan kimia. Hal ini sepatutnya dihindari agar kualitas sarang walet tetap terjaga. Dengan begitu dapat dihargai mahal atau sesuai harga yang berlaku saat itu. Lakukan pembersihan sarang walet secukupnya saja yaitu hanya membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di sarang saja. Tanpa perlakuan lainnya yang dapat mengurangi kualitasnya serta menjadi tidak sehat lagi untuk dikonsumsi.

Dapat kita simpulkan bahwa sarang burung walet akan dikatakan memiliki kualitas yang baik. Yaitu grade yang sesuai dengan melihat dari warnanya yang baik dan bentuk aslinya yang sempurna. Semoga harga sarang walet sekarang  di wilayah anda dapat bertahan pada angka sewajarnya.