Ingin Membuat Gedung Walet? Perhatikan 8 Hal Penting Berikut!!

suara
Cara membuat gedung walet – Menjadi seorang penjual sarang burung walet adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Peternakan walet dan pembangunan rumah walet telah berkembang di negara-negara Asia tenggara contohnya seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan sebagainya.
 
Untuk membuat gedung walet ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, berikut ulasannya;
cara membuat gedung walet
 

Cara membuat gedung walet dan hal yang perlu diperhatikan:

 

1.    ketersediaan walet

Pertama, dan yang terpenting adalah daerah dimana tempat kita membangun rumah walet. Kita dapat melihat apakah ada walet di daerah tersebut dengan cara menggunakan detektor khusus.
 

2.    Lokasi

Sebaiknya rumah walet harus berada di kawasan luar dari perumahan dan lokasi komersial. Misalnya di tengah-tengah perkebunan kelapa sawit. Dengan lokasi yang penuh semak-semak dan hutan dan lebih ideal lagi di dekat sungai. Alasannya adalah bahwa walet memakan seperti serangga-serangga kecil yang berada di lingkungan tersebut, karena itu tempat seperti itu sangat cocok untuk membudidaya walet.
 

3.    Struktur Bangunan

Kita bias membuat dari yang paling sederhana seperti rumah kosong, atau membuat bengunan dengan ukuran lebar 10×15 m2. Untuk lebih lengkap silahkan baca artikel Tips Budidaya walet ( gedung, lokasi dan suhu)
 
Para petani walet lebih baik membangun rumah walet sendiri. Bisa dibuat dengan struktur bertingkat. Silahkan sewa arstitektur untuk masalah tersebut.
 

4.    Lingkungan hidup

Pada dalam bangunan buatlah suasana yang cocok untuk walet yang menyerupai gua alam seperti gelap dan lembab. Suhu harus berada di antara 28 – 30 derajat celcius dan kelembaban pada 75-85%. Kawasan pesisir merupakan tempat yang ideal karena suhu rata-rata di pesisir tidak berubah tiba-tiba.
 

5.    Sound system

Sound system terdiri dari speaker, pemutar,  dan audio walet. Hal ini bertujuan untuk memanggil atau menarik perhatian walet untuk masuk dan bersarang di bangunan walet tersebut. Di sini kita memerlukan dua jenis audio/rekaman suara walet  yaitu eksternal atau suara panggil untuk menarik walet ke dalam bangunan dan lagu internal atau suara inap untuk menjaga burung walet di dalam rumah walet. Konsultasikanlah dengan orang yang sudah berpengalaman untuk menginstal sistem suara.
 

6.    Kebersihan

Selalu jaga kebersihan tempat rumah walet. Pembersihan dilakukan tiga bulan sekali.
 

7.    Ventilasi

Agar menjaga bangunan tetap berventilasi, dapat dibersihkan setidaknya seminggu sekali.
 

8.    Keamanan

Peralatan sound system dan sarang burung walet merupakan barang yang mahal. Jadi, perlunya keamanan yang baik untuk mencegah pencurian. Lakukan instalasi CCTV atau mempekerjakan staf untuk mengurus keamanan rumah walet.
 
Sekian artikel kali ini tentang 8 hal yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah walet. Semoga artikel ini menambah wawasan para petani walet yang ingin memulai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.