Aroma yang tidak disukai Walet , Perlu Anda Ketahui!!

suara

Aroma yang tidak disukai walet – Pada dasarnya semua makhluk hidup yang berada di bumi pasti memiliki hal yang tidak disukai entah itu dari makanan, minuman, prilaku, bau-bauan, dal lain sebagainya. Seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu apakah walet memilki rasa tidak suka terhadap aroma-aroma tertentu? lalu aroma apa saja yang tidak disukai oleh burung walet. Berikut akan di ulas beberapa aroma yang tidak disukai walet.

aroma yang tidak disukai walet

Aroma yang tidak disukai walet

Meski tidak ada pembuktian yang nyata dari beberapa hal berikut yang terpenting adalah kita mengetahuinya agar bisa dihindari.

Aroma Belacan/Terasi

Belacan atau terasi tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bumbu makanan khas Asia tenggara dan China Selatan ini terbuat dari ikan atau udang rebon yang di fermentasikan. Yang kita tahu juga terasi memliki bau yang sangat tajam. Meski kita berpendapat bau terasi cukup enak di cium namun tidak untuk kawanan walet, mereka akan kabur jika mencium bau banaman terasi yang menyengat tersebut.

Aroma Cabe Goreng

Apakah Anda pernah menggoreng atau memanggang cabai? Jika belum silahkan Anda coba sendiri bagaimana rasanya saat menggoreng cabai tersebut. Ya, pasti akan merasakan bau yang tajam menusuk hidung, akibatnya adalah bersin-bersin. Repotnya, bau tersebut akan tercium oleh tetangga. Nah coba Anda bayangkan apabila aroma tersebut tercium oleh burung walet tentu sangat menggangu dan alhasil walet akan meninggalkan tempatnya bersarang.

Aroma Asap Pembakaran

Sering kita temui gedung walet yang berdampingan dengan rumah tetangga atau dekat pemukiman. Mungkin akibat tidak tahu atau ada rasa iri dengan gedung walet yang kita punya, mereka dengan sengaja membakar plastik, ban dan barang lainnya dekat LMB gedung yang kita miliki. Tentu jika asap yang mengepul akan menganggu populasi walet dalam gedung. Meski beberapa pakar budidaya walet berpendapat bahwa asap pembakaran tidak seberapa dampaknya terhadap pupulasi walet yang berada dalam gedung, karena asap tidak sepenuhnya masuk ke gedung.

Aroma Gedung Baru

Yang terakhir adalah aroma gedung baru, ini merupakan salah satu trik yang sering dilakukan oleh para petani walet. Mengapa pada gedung baru, walet sering sekali sulit untuk langsung masuk ataupun menginap. Alasanya adalah bau semen yang masih baru. Walet tidak suka mencium bau semen baru pada tempat mereka bersarang. Lalu bagaimana cara mengatasinya?? Untuk gedung baru yang masih berbau semen sebaiknya gunakan parfum/aroma pemikat walet. Hal ini bertujuan supaya gedung wa let terasa seperti habitat aslinya. Walet akan mengira di tempat tersebut sudah dihuni oleh koloni mereka.

Baca juga :  Cara Membuat Parfum Walet Sendiri dengan Bahan Alami

Itulah sedikit informasi mengenai aroma yang tidak disukai walet. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para petani walet yang masih merintis dalam budidaya sarang walet.

Aroma yang tidak disukai Walet , Perlu Anda Ketahui!!
5 (100%) 1 vote