Cara Membuat Sarang Walet Di Rumah Yang Baik Dan Benar

suara

Apabila Anda ingin beternak burung walet maka wajib untuk mengetahui cara membuat sarang walet di rumah. Mengingat dengan adanya cara ini maka akan sangat membantu Anda dalam membangun sarang burung walet  di rumah sebelum membuat sarang khusus yang terpisah dari rumah sendiri. Karena jika Anda merupakan orang baru dalam beternak burung ini maka sudah pasti dana yang dimiliki akan lebih terbatas. Jika dibandingkan dengan mereka yang sudah lama beternak burung ini. Beternak burung walet sampai sekarang merupakan bisnis yang memiliki prospek besar. Dimana harga sarangnya sangat mahal sekali sehingga memancing minat orang untuk membudidayakannya. Oleh sebab itu apabila Anda masih pemula maka tidak ada salahnya untuk membuat sarangnya di rumah sendiri sehingga bisa mudah melakukan kontrol terhadap burung tersebut. 

cara membuat sarang walet di rumah

1. Memilih kamar yang menghadap lahan kosong

Karena Anda akan membuat sarang walet di rumah sendiri, maka ada baiknya menyediakan satu  buah kamar yang akan dijadikan lokasi peternakan. Akan sangat baik jika kamar tersebut terpisah sehingga bau dari kandang walet ini tidak akan tercium sampai ke dalam rumah. Dimana bentuklah kandang seperti kamar pada umumnya. Tentunya dalam membuat kamar untuk kandang walet ini maka ada baiknya yang menghadap ke lahan kosong. Adapun lokasi dan tata letak kamar ini juga sangat penting sekali. Karena jika kamar ini dibuat berdempetan dengan bangunan tinggi maka akan membuat burung walet kesulitan dalam mencari sumber suara walet yang akan Anda bunyikan nanti. Oleh sebab itu dalam pembuatan kamar khusus ini maka ada baiknya jika Anda membuatnya menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan sekitarnya. Hal ini mempermudah burung walet untuk mencari sumber suara rekaman.  Untuk pembuatan pintu masuk walet maka disesuaikan dengan arah lintasan ketika burung tersebut pulang ke kandang. 

2. Menjaga suhu ruangan

Pastinya ketika beternak burung ini maka kelembaban kamar tersebut harus sangat Anda perhatikan, hal ini demi kenyamanan burung tersebut. Agar tidak mudah panas maka Anda bisa menghalau panas dengan menempelkan styrofoam pada bagian bawah atap, di atas plafon maupun luar dinding rumah yang menjadi kamar walet tersebut. Selain itu Anda bisa juga membuat lubang ventilasi yang terbuat dari paralon namun dengan jumlah yang terbatas. Apabila ukuran kamar yang Anda buat adalah 4×4 maka jumlah ventilasi yang dibuat adalah 6 hingga 8 buah. Tentunya jangan lupa untuk memperhatikan kelembaban kamar, dimana wajib untuk Anda meletakkan baskom yang berisi air pada kamar walet tersebut.  Jadi kelembabannya menjadi stabil, oleh sebab itu inilah cara membuat sarang walet di rumah yang baik dan benar namun sangat gampang sekali.