Cara Memperbanyak Koloni Walet di Sebuah Rumah Walet (RBW)

suara

Untuk memulai usaha sebagai petani walet tentu saja anda harus memahami cara memperbanyak koloni walet di rumah walet anda. Karena  kelangsungan usaha walet yang dimulai dari suara walet yang berkualitas, maka selanjutnya adalah memperbanyak koloni walet yang menginap di area nesting plank yang telah anda persiapkan. Jangan lupa juga perhatikan beberapa kebutuhan burung walet seperti pakan, sarang imitasi, dll. Jauhkan juga dari hama pengganggu, serta buat nyaman area putar burung dengan kelembaban dan suhu yang pas. Ini merupakan faktor utama kenyamanan walet menetap di rbw yang telah dipersiapkan. 

Kita ketahui jika semakin banyak koloni walet yang ada pada rumah walet Anda maka jumlah sarang walet yang akan anda dapatkan juga akan lebih banyak. 

Berikut cara memperbanyak koloni walet anda pada rumah walet anda :

1. Pakan walet

Setelah walet menetap dan membentuk kelompok yang banyak maka anda harus perhatikan masalah ketersediaan pakan. Jika pakan yang tersedia dalam jumlah banyak tentu saja akan membuat kelompok burung walet ini menjadi betah dan kemungkinan akan kawin dan  terus membuat sarang. Semakin banyak berkembangnya walet maka akan semakin banyak pula sarang yang dibuat. 

2. Kondisi rumah walet

Suara walet yang berkualitas yang telah anda gunakan di awal tentu akan berpengaruh pada kelangsungan usaha walet. Seperti kondisi rumah walet yang nyaman bagi walet, selain ditentukan oleh pakan yang bagus juga suhu dan kelembaban rumah walet. Jika rumah walet anda terbuat dari bahan papan maka ini akan terasa panas terutama pada musim kemarau. Hal ini dikarenakan sinar matahari yang diserap oleh papan akan dikeluarkan dan menyebabkan suhu di ruangan berbahan papan akan meningkat hingga 30 derajat jika pada musim kemarau. Maka jika anda ingin kenyamanan pada rumah walet anda disarankan agar membuat bangunan sedikit tinggi dari bahan tembok yang tidak akan menyalurkan panas matahari pada ruangan rumah walet.

Pastikan suhu berkisar antara 28 hingga 30 derajat saja yang akan membuat walet merasa nyaman dan betah. Jika walet merasakan ketidaknyamanan pada rumah walet maka ia akan pindah ke rumah walet lain. Tentu akan merugikan anda sebagai petani walet.

3. Hama pengganggu

Hama pengganggu tentu akan membuat usaha walet anda gagal dan berantakan. Hama tersebut adalah seperti tikus yang akan memakan anak burung walet. Keberadaan hama walet tentu saja akan membuat burung walet menjadi tidak nyaman dan akan pergi meninggalkan sarangnya. Keberadaan hama pengganggu dapat mengganggu populasi walet, untuk itu anda harus memastikan  lingkungan sarang walet dalam keadaan bersih dari hama seperti kecoa, tikus dan sebagainya. 

Banyak Cara memperbanyak koloni walet yang dapat anda pelajari dari berbagai media atau mereka yang memang telah berhasil menjalankan usaha walet ini. Selamat mencoba usaha walet dan sukses bersama anda.