Lokasi Membangun Rumah Walet yang Paling Ideal

suara
Lokasi membangun rumah walet – Lokasi yang ideal menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam beternak walet. Lokasi tempat mendirikan rumah walet yang sedikit populasi waletnya tentu hanya akan sia-sia.
 

Akibat salah dalam memilih lokasi membuat banyak gedung walet yang telah berdiri bertahun-tahun masih kosong tanpa ada sekelopak pun yang menempel.

lokasi membangun rumah walet
Salah satu cara tepat untuk memilih lokasi dimana populasi walet yang sangat menjanjikan adalah dengan mengecek lokasi tersebut menggunakan jenis suara walet test lokasi. Pengetesan ini dapat dilakukan pada saat sore hari, dimana waktu tersebut walet mulai kembali ke sarangnya.
Dalam keperluan ini kita dapat menggunakan 1-2 tweeter walet yang dihubungkan pada bagian ujung pipa atau bambu agar suara dapat terdengar jauh.
 
Burung walet memiliki kemampuan menjelajah ke lokasi pakan yang relatif jauh bahkan sampai berjarak puluhan kilometer. Ditemukannya koloni walet yang sering beterbangan pada pagi ataupun sore hari menjadi bukti bawha walet tersebar dari berbagai lokasi. koloni walet yang tersebar ini akan kembali kesarang mereka yang bertempat di gua-gua ataupun rumah walet.
 

Lokasi membangun rumah walet yang ideal:

1.    Lokasi sentra walet

Sentra walet merupakan tempat yang telah banyak dibangun rumah walet. Pada umumnya lokasi sentra walet sangat digemari para pelaku budidaya walet karena lokasi seperti ini  memiliki peluang sangat besar dan lebih mudah untuk dikontrol karena tidak perlu masuk hutan dan sebagainya.

2.    Lokasi lintasan walet

Lokasi selanjutnya yang juga disenangi adalah lokasi pakan. lokasi ini merupakan lokasi lintasan koloni walet yang menuju lokasi pakan. Mengapa lokasi ini juga sangat disenangi, hal ini dikarenakan populasi walet yang sangat besar bahkan melebihi lokasi sentra walet. Koloni walet yang berdatangan ke pakan dari berbagai wilayah seperti dari gua dan sentra walet menjadi hal utama mengapa populasi ini sangat bagus untuk di pilih.

3.    Lokasi sumber pakan walet

Lokasi membangun rumah walet urutan ketiga yang juga masih diminati adalah lokasi lintasan koloni yang menuju sumber pakan. Contoh tempat ini adalah persawahan, hutan dll. Lokasi-lokasi yang dipilih pada umumnya berjarak sekitar 1 kilometer dari tempat sentra walet.

Dengan demikian, perlu dipertimbangkan lebih cermat dalam menentukan lokasi untuk membuat rumah walet agar pembangunan rumah walet tidak menelan kerugian akibat salah dalam memilih lokasi.
 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.