Interior Tata Ruang Rumah Walet dan Lubang Masuk Walet

suara

Interior tata ruang rumah walet

Bagaimana interior tata ruang rumah walet yang dianjurkan? berikut gambar serta penjelasan skema ruangan gedung walet yang dapat Anda ikuti.
 
Tingkat lantai ruangan dapat dibuat berdasarkan ketinggian rumah burung walet, yaitu minimum 2 meter. Ruangan juga dapat dibuat seperti suasana dalam gua alami dengan membuat beberapa ruangan berpetak di dalamnya.
interior tata ruang rumah walet
Walet memiliki kebiasaan berpurtar-putar di depan gua sebelum memasuki sarangnya, oleh sebab itu, dapat melengkapinya dengan roving room pada gedung walet sebagai tempat walet untuk berputar-putar, dan ditambah resting room yang berfungsi untuk tempat walet beristirahat dan bersarang. Agar mengurangi cahaya yang masuk kedalam gedung walet, resting room dibuat secara berpetak, dan masing-masing petak saling berhubungan.
 

1. Pintu keluar masuk burung walet

Selanjutnya lubang untuk keluar masuk burung walet di buat di bagian atas gedung,  pintu masuk keluar burung walet dipastikan tidak memiliki gangguan seperti pohon-pohon yang berada di sekitar bangunan. Untuk ukuran sendiri lubang keluar masuk walet sangat bervariasi. Jika dibuat memanjang ukuran idealnya adalah 20 x 35 cm, dan apabila ingin berbentuk bujur sangkar biasanya dibuat dengan ukuran 20 x 20 cm,  atau jika ingin membuat bentuk lingkaran, ukuran yang paling tepat adalah 20 cm untuk ukuran garis tengahnya.
interior tata ruang rumah walet
Jumlah untuk lubang keluar masuk walet dapat di sesuaikan dengan kebutuhan dan besar kecilnya bangunan. Namun semakin sedikit jumlah lubang akan semakin baik bagi RBW. Satu ruangan cukup memiliki satu lubang.
 
Semakin banyak lubang maka semakin berpengaruh pula terhadap kelembaban, cahaya, dan suhu dalam gedung. Hal ini dapat menyebabkan walet tidak akan betah berlama-lama tinggal di dalam gedung.
 

baca juga: Cara Agar Walet Betah Bersarang di RBW tanpa Kabur !!

 

Arah letak lubang

Arah letak lubang walet sebaiknya tidak menghadap ke arah timur, karena walet terbiasa keluar pada pagi hari dan kemungkinan membuat walet silau akibat cahaya matahari pagi. Pada pinggiran lubang sebaiknya di cat hitam, hal ini bertujuan untuk memudahkan walet melihat dari jarak jauh. Dan membuatnya lebih cepat kenal dimana tempatnya tinggal.
 
Sekian informasi kali ini tentang interior tata ruang rumah walet dan lubang masuk walet Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.