Proses Walet Membuat Sarang Di Rumah Walet, Berikut penjelasannya

suara

Kita ketahui bahwa proses walet membuat sarang akan dimulai saat walet akan bertelur. Tentu saja hal ini sangat diperlukan dalam rangka menjaga telur-telur walet akan tetap aman di dalam sarang nantinya. Hal ini dimulai dari pembuatan landasan sarang yang terlihat putih mengkilat dan proses ini akan memakan waktu selama lebih kurang satu bulan hingga terbentuk sarang. Masa satu bulan tentunya tidak mutlak karena bisa saja akan lebih dari itu dan hal ini bergantung pada musim. Jika pada musim hujan maka sarang walet akan lebih cepat untuk terbentuk serta bentuknya juga akan lebih besar dan tebal.

Namun berbeda jika pada musim kemarau maka pembuatan sarang oleh burung walet akan memakan waktu yang lebih lama tentunya karena suhu yang lebih hangat. Ini akan juga mempengaruhi bentuk sarang yang akan terbentuk menjadi lebih kecil dan lebih tipis juga. Setelah satu tahun memiliki sarang burung walet maka anda dijamin akan lebih memahami dunia walet. Namun hal ini tentunya tak akan menyurutkan anda dalam meneruskan atau baru memulai usaha ini untuk tetap semangat tentunya. 

Mari lihat proses walet membuat sarangnya :

1. Aktifitas awal

Proses walet membuat sarang dapat kita tandai yaitu saat masa burung walet yang akan bertelur dengan aktivitas burung tersebut yang beterbangan kejar-kejaran di sekitar gedung atau rumah walet. Lokasi yang paling disukai walet dalam membuat sarang adalah di pojokan ataupun sudut pada tweeter, atau busa. Anak dari burung walet tersebut biasanya akan tumbuh dewasa dan mereka akan membangun sarang burung walet di dekat dengan sarang induknya yang sudah menjadi sifat alami burung walet. Maka anda akan menyaksikan jika sarang burung walet akan berjejer nantinya terlebih jika jumlah burung walet yang sudah mencapai ribuan ekor. 

proses walet membuat sarang

2. Masa walet membuat  sarang

Waktu burung walet membuat sarang adalah bisa di pagi, siang atau malam hari. Tapi jika dilihat dari polah tingkah burung walet yang mencari makan di siang hari maka itulah masa dimana mereka mencari makan dan  akan pulang pada sore hari sekitar pukul 4 sore hingga waktu isya. Maka dapat disimpulkan jika waktu dominan mereka membuat sarang adalah pada malam hari hingga menjelang waktu subuh hari.

Memasang CCTV di Ruang Inap

Mungkin akan lebih seru jika Anda dapat memasang cctv pada rumah walet Anda ke arah papan sirip tempat membuat sarang yang akan Anda amati dan mendapat informasi berharga akan proses para burung walet membuat sarang. Dimulai dengan aktifitas kejar-kejaran yang disertai dengan suara walet ciir..dan ciir..yang disertai kejar-kejaran antara jantan dan betina tersebut hingga masa bertelur. Tempat yang bisanya disukai oleh walet dalam membuat sarang maka dia akan terus menetap di sarang tersebut pada tempat yang sama hingga beranak pinak. Walet akan dengan sabar dan telaten mengeluarkan liur nya menempelkannya pada papan sirip yang telah disediakan siang dan malam hari hingga menjadi sarang yang utuh. Hingga sarang tersebut dapat menjadi tempat bagi telurnya kelak.  Selamat menjalankan usaha budidaya walet yang diawali salah satunya dengan proses walet membuat sarang, semoga akan membawa kesuksesan nantinya.