Jumlah Sarang Walet dalam 1 kg, Serta Fenomena Budidaya Walet

suara

Indonesia dikenal dunia sebagai tempat produksi sarang walet dengan kualitas terbaik atau paling tinggi di dunia. Karena besarnya permintaan sarang walet di berbagai negara seperti Vietnam, Cina, Kanada, Hong Kong, bahkan Amerika Serikat, tak sebanding dengan produksinya membuat harga pasarannya terkenal sangat mahal. Harga 1 kilogram (kg) saja bisa mencapai 10 sampai 15 juta, bahkan ada yang mencapai 30 juta, sesuai dengan kualitasnya. Tapi apakah diantara kita ada yang ingin tahu berapa sebenarnya jumlah sarang walet dalam 1 kg.  Sarang walet sendiri tidak seperti sarang burung pada umumnya, yang terbuat dari dedaunan atau tanaman-tanaman lain, melainkan murni dari air liurnya. 

Sejak 2015, budidaya walet di berbagai daerah di Indonesia kian berkembang dan diminati oleh pengusaha-pengusaha rumahan. Sebelumnya, sarang walet masih diproduksi secara tradisional dengan memanen sarang walet di gua-gua alami yang menjadi habitat burung walet, seperti yang paling terkenal berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Artikel ini akan membahas seputar fenomena budidaya walet serta jumlah sarang walet dalam 1 kg. Bisnis sarang walet telah populer sejak lama dan banyak orang di Indonesia menjadi kaya berkat usaha ini karena membawa keuntungan yang cukup besar dengan harga jual sarang walet yang sangat tinggi. Meskipun dulunya masih dilakukan secara tradisional. Sejak dulu bisnis budidaya sarang walet memiliki peluang yang sangat menguntungkan. Dari bisnis ini, omsetnya bisa mencapai ratusan juta untuk skala kecil, dan untuk skala profesional dan besar akan dapat menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar lagi.

jumlah sarang walet dalam 1 kg

Tingginya Permintaan, Rendahnya Produksi

Permintaan sarang walet di dalam dan luar negeri cukup tinggi, tidak sebanding dengan produksi atau pasokan sehingga harga sarang walet tidak pernah murah. Banyak sarang walet yang diproduksi yang dikumpulkan secara tradisional dari gua masih dikelola secara tradisional dan belum dilakukan secara profesional. Wajar jika hasil panennya yang tidak seberapa, di sisi lain biaya operasional hingga perawatannya juga tidaklah sedikit. Untuk sarang walet, harga juga ditentukan berdasarkan kualitasnya. Tidak semua warna sarang walet sama, jadi semakin putih dan bersih sarangnya, harganya pun akan semakin mahal.

Jumlah Sarang Walet dalam 1 kg

Pertanyaan ini cukup banyak ditanyakan oleh orang-orang yang penasaran dengan budidaya walet. Ya umumnya memang sarang walet dibeli dengan satuan kilogram, bukan persarang atau wadah dengan ukuran tertentu. Akan tetapi, tak sedikit pula menerima pesanan atau pembeli dengan satuan ons, tergantung produktivitas walet itu sendiri yang cukup menentukan. Nah untuk menjawab pertanyaan berapa jumlah sarang walet dalam 1 kg, jawabannya tidak pasti. Secara umum maupun berdasarkan pengalaman serta hasil wawancara dari berbagai pembudidaya sarang walet rumahan, dalam 1 kg sarang walet terdiri dari 100 hingga 140 buah sarang, namun hal tersebut tak berlaku mutlak, karena ada pula dalam 1 kg hanya terdiri kurang dari seperti angkat di atas. Hal tersebut ditentukan dari ukuran serta tebal tipisnya sarang walet, lagi-lagi kualitas berpengaruh terhadap harga. Semakin besar dan tebal ukuran sarang walet, maka semakin kecil jumlah sarang walet dalam 1 kg, begitupun sebaliknya.