Waktu Tepat Kontrol Gedung Walet serta Mengetahui Walet yang Menginap

suara

Waktu tepat kontrol gedung walet

Banyak para pembudidaya walet pemula yang menanyakan tentang kapan waktu tepat kontrol gedung walet. Beberapa hal yang menjadi alasan dalam kasus ini salah satunya adalah ingin mengetahui sejauh mana perkembangan burung walet mereka, apakah sudah ada burung walet yang menginap, bersarang atau bagaimana keadaan dalam gedung.
 
Memang hal ini wajar karena para peternak walet ingin mengetahui sejauh mana usaha gedung walet mereka berkembang.
 
Selain itu, mengontrol gedung walet juga bertujuan untuk mengetahui hasil proses pemancingan, tujuan mengontrol dalam ruangan juga untuk melihat kondisi pada kolam yang berkaitan dengan tingkat seberapa kelembaban dan suhu di dalam gedung.
 
Selain rasa penasaran yang semakin dalam, ketakutan dalam memasuki rumah walet juga menjadi masalah para pembudidaya walet pemula, misalnya ada rasa ketakutan jika memasuki gedung walet akan membuat walet kabur atau kaget sehingga tidak mau menginap lagi.
waktu tepat kontrol gedung walet
Nah, untuk memecahkan masalah tersebut disini akan dibahas kapan waktu tepat kontrol gedung walet agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, serta cara mengetahui walet yang menginap.
 
Mengontrol gedung walet boleh dilakukan seminggu sekali ataupun sebulan sekali, yang terpenting adalah waktu harus tepat  untuk memasukinya, agar walet tidak kabur.
 

Lalu kapan waktu yang tepat?

Waktu kontrol rumah walet yang tepat yaitu pada pagi hari sekitar pukul 09.00 sampai pukul 12.00 siang. Jangan melebihi dari jam tersebut karena walet biasanya akan beradaptasi pada gedung mulai siang hari sampai sore hari sekitar jam 16.00 untuk beristirahat, dilanjutkan dengan menginap pada malam harinya.
 

Cara mengetahui walet yang menginap di RBW

Untuk mengetahui walet yang menginap tidak perlu memasuki gedung walet pada malam hari, cukup pada pagi hari sekitar pukul 05.00 pagi, pada jam itu walet akan keluar dari lubang masuk burung walet. Nah, itulah beberapa walet yang telah menginap dimalam harinya.
 
Dalam masa bulan pertama sampai bulan ke enam merupakan masa adaptasi bagi burung walet, biarkan walet agar tetap merasa aman dan nyaman pada koloni walet yang akan menghuni rumah walet Anda.
 
Kontrol gedung dengan waktu seperti yang telah dijelaskan, dan jika gedung aman dari serangan hama atau predator perusak lainnya seperti tikus, pengontrolan gedung walet boleh dilakukan lebih lama lagi misalnya 1 bulan sekali. Dan pastikan beberapa alat teknisi didalam tidak ada masalah seperti tweeter walet dan kabel-kabel.
 
Itulah tadi sedikit informasi tentang waktu tepat kontrol gedung serta mengetahui walet yang menginap. Semoga artikel kali ini menjawab pertanyaan Anda selama ini dan semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.