Cara Agar Walet Betah Bersarang di RBW tanpa kabur !!

suara
Cara agar walet betah bersarang – Kini cara agar membuat walet betah bersarang bukan menjadi hal rahasia lagi, banyak para pakar dalam bidang RBW melakukan hal-hal ini. Memang peran kita terhadap kelangsungan berkembangnya sarang walet pada RBW sangat di tekankan disini. Karena bagaimanapun jika kita tidak memiliki pedoman bagaimana cara merawat, memperlakukan, dan sebagainya hanya membuat gedung walet yang kita miliki menjadi sia-sia.
cara agar walet betah bersarang
Pada saat ini masih banyak para pelaku pembudidaya walet yang masih salah dalam menjalankan budidaya walet mereka. Seperti contoh memasuki ruang inap RBW pada malam hari karena adanya rasa penasaran terhadap walet yang bermalam di rumah walet mereka. Tentu hal tersebut sangat salah dan sangat tidak di anjurkan untuk memasuki ruang inap apalagi menggunakan cahaya senter, hal ini akan menyebabkan walet kaget dan membuatnya tidak betah bersarang.
 
Nah, bagaimana cara membuat burung walet betah bersarang dan kapan waktu yang tepat untuk memasuki RBW?

Dari pengalaman beberapa orang yang telah berhasil, dan dari kami sendiri untuk memasuki rumah burung walet atau keruang inap walet adalah sekitar jam 12 hingga jam 2 siang. Kenapa harus jam tersebut, menurut pengalaman kami pada sekitar jam tersebut walet pergi keluar dari sarang. Mungkin hanya mennggalkan beberapa anak burung walet dan induk walet yang mengerami telurnya.

Baca juga :  Tips dan Cara Mengaturan Volume Suara Walet yang Benar

 

Tips dan cara agar walet betah bersarang:

  1. Jangan memasuki RBW sebelu atau sesudah jam 12 sampai 2 siang.
  2. Pola panen, jangan melakukan panen buang telur atau panen rampasan.
  3. Sediakan pakan burung walet
  4. Jika terdapat penyebar hama pada rumah walet segera dibasmi contohnya seperti tupai, tikus, kecoa, burung hantu, semut dan lain-lain)
  5. selalu berikan perawatan maksimal terhadap RBW agar walet betah
  6. Buat rancangan RBW dengan kelembaban, suhu, dan skat-skat tempat melekatnya sarang walet secara benar. Jangan sampai RBW terlalu panas.
  7. jangan memasuki RBW saat kondisi cuaca hujan seharian. Karena biasanya pada saat hujan walet hanya banyak diam di ruang inap.

Itulah tadi bagaimana cara agar burung walet betah bersarang di RBW tanpa kabur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang khususnya para pemula dalam pembudidaya sarang walet. Salam suksess

1 Komentar

  1. Trm ksh atas saran nya semoga semua perterak walet sukses selalu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.