Cara Membuat Sarang Walet Imitasi, Tiruan, Palsu agar Walet Betah

suara

Cara membuat sarang walet imitasi atau palsu – Sarang walet imitasi atau landasan sarang merupakan salah satu teknik budidaya walet yang sering di lakukan oleh petani walet. Banyak bahan yang bisa kita manfaatkan untuk dijadikan landasan sarang walet. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberi sedikit pembahasan seputar pembuatan sarang imitasi atau buatan dengan memnggunakan bahan karton, Styrofoam dan tempurung kelapa. Imitasi atau sarang walet buatan ini pada dasaarnya yaitu untuk memberikan landasan bagi walet agar mudah untuk membuat sarang bahkan kita akan mendapatkan lengkungan yang sempurna.

Cara membuat sarang walet imitasi

Pertama mari kita bahas landasan sarang walet dari bahan karton. Sarang walet imitasi dari karton memudahkan walet untuk membangun sarang terutama bagi walet yang masih muda dimana produksi air liur nya masih sedikit.

Karton

Apakah sarang walet buatan dari karton harus menggunakan warna putih?

Pada umumnya penggunaan warna karton untuk sarang imitasi tidak selalu mesti berwarna putih. Sebagian petani walet memang menggunakan karton berwarna putih karena di dianggap mirip dengan warna asli sarang walet, sehingga membuat walet lebih tertarik untuk bersarang. Namun pada kenyataannya warna lainpun walet tetap mau menempatinya untuk membuat sarang.

Hal ini menjadi bukti bahwa walet tidak peduli dengan warna karton yang digunakan. Perlu juga kita ketahui bahwa walet memilih tempat-tempat yang mudah di hinggapi untuk membuat sarang, bukan memilih warna yang sama dengan sarang. Warna apapun boleh-boleh saja asalkan penempatan sarang buatan tersebut nyaman dan tepat.

Styrofoam/Busa

cara membuat sarang walet imitasi

Cara membuat sarang walet imitasi atau tiruan dari busa ini sangat sering di lakukan karena simpel dan aman. Tetapi sering terdapat cabikan-cabikan pada Styrofoam ini, apa penyebabnya?

Burung walet yang hinggap pada busa yang sudah di buat lengkungan membuat walet mudah untuk membuat sarang. Bahkan pertama hinggap tentu walet akan merasa nyaman untuk beristirahat di lengkungan Styrofoam. Dengan demikian walet sudah bisa menempati tempat tersebut dan cara ini akan berhasil.

Untuk membuat lengkungan yang tepat pada busa sebaiknya di buat lengkungan dengan diameter 6 cm. Dengan demikian walet tidak akan lagi mencabik busa untuk memudahkannya berada di landasan tersebut.

Tempurung Kelapa

cara membuat sarang walet imitasi kelapa

Cara membuat sarang walet imitasi terakhir yang kita bahas adalah dengan batok kelapa. Biasanya tempurung kelapa bisa di potong dengan lebar 2 cm serta lengkungannya 8 cm bagian kiri dan kanan nya di gergaji terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya ialah memasang landasan sarang pada bagian nesting plank dengan cara berikut:

1. Tempelkan tempurtung kelapa dengan menggunakan paku pada nesting plank dengan jarak kurang lebih 7 cm dari plafon. Jarak antara paku kiri dan kanan sebaiknya di sesuaikan dengan coakan.

2. Letakan tempurung kelapa tersebut di atas paku yang sudah di tancapkan kemudian ikat dengan kabel atau kawat agar erat.

Untuk setiap sarang imitasi yang di buat sebaiknya di letakan dekat dengan tweeter inap. Atau dengan jarak minimum 20 cm dari tweeter dan jarak 7 cm dari plafon.